Makalah Tafsir Tharbawi – Pendidikan Anak

PENDAHULUAN

Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi setiap anak, dipengaruhi dan berpengaruh terhadap lingkungan. Lingkungan yang paling utama adalah keluarga, bagaimana orang tua terutama ibu membimbing anaknya agar siap untuk menghadapi kehidupan di zaman sekarang dan zaman yang akan datang. Disinilah kecakapan hidup seorang anak harus di bimbing dan di arahkan agar tidak menyimpang dalam norma-norma agama yang sesuai dengan Al-Qur’an, agar mampu menghasilkan generasi-generasi muda yang beriman, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.

Pendidikan berkelanjutan dan pengembangan karakter menjadi tugas bagi keluarga, masyarakat,dan pemerintah. Mempesiapkan generasi muslim yang tangguh merupakan harapan Al-Qur’an. Setiap muslim, baik sebagai individu maupun sebagai komunitas, harus berupaya mewujudkan generasi yang berkualitas dalam semua aspek kehidupan manusia. Salah satu firman Allah swt yang mengharuskan setiap umat tidak meninggalkan dibelakang mereka generasi yang lemah tak berdaya dan tak memiliki daya saing dalam  kompetisi kehidupan dapat dibaca dalam surat An-Nisa ayat 9.

Selain itu pendidikan anak dapat dilihat dari moral dan tingkah lakunya sehari-hari dalam berucap ataupun bersikap kepada orang tua (brebakti kepada kedua orang tua/ birul walidaini)  serta karib kerabat sebagaimana tertera dalam Qs. Al-Isra ayat 23-25 . Selain itu dalam bersikap hendaknya kita dapat membantu sesama serta menjauhi sikap boros, sebagaimana Alloh berfirman dalam Qs. Al-Isra’ ayat 26-28.

selengkapnya silahkan download di tautan berikut : tafsir-tarbawi-jadi-2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s