PENELITIAN TINDAKAN KELAS


• PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
1. Masalah dalam PTK
2. Tujuan pelaksanaan PTK
3. Manfaat PTK
4. Tahapan Pra PTK

• Masalah dalam PTK
1. Masalah belajar siswa di sekolah
Misalnya:
a. Permasalahan belajar di kelas
b. Kesalahan pembelajaran
c. Miskonsepsi
d. Misstrategi
2. Pengembangan profesionalisme guru dalam peningkatan mutu perancangan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran
3. Pengelolaan dan pengendalian
Misalnya:
a. teknik memotivasi
b. Teknik pengembangan potensi diri
Masalah dalam PTK
Desain dan strategi pembelajaran di kelas.
Misalnya:
a. Pengelolaan dan prosedur pembelajaran
b. Implementasi dan inovasi dalam metode
pembelajaran
5. Penanaman dan pengembangan sikap serta nilai-nilai
Misalnya: pengembangan pola berfikir ilmiah dalam diri siswa
6. Alat bantu, media dan sumber belajar
Misalnya: masalah penggunaan media, perpustakaan, dan sumber belajar di dalam / luar kelas
. Sistem asesmen dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran
Misalnya:
a. Masalah evaluasi awal dan hasil pembelajaran
b. Pengembangan instrumen asesmen berbasis
kompetensi
c. Penggunaan alat dan metode evaluasi tertentu
8. Masalah kurikulum
Misalnya:
a. Implementasi KTSP
b. Interaksi guru – siswa
c. Siswa – materi pelajaran
d. Siswa – lingkungan belajar
Tujuan PTK
Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas.
Secara lebih rinci tujuan PTK antara lain:
1. Meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran
2. Mengatasi masalah pembelajaran
3. Meningkatkan profesionalisme
4. Menumbuhkan budaya akademik
Manfaat PTK
Manfaat Bagi Siswa
Tujuan PTK adalah memperbaiki kualitas pembelajaran dengan sasaran akhir memperbaiki hasil belajar siswa
Manfaat Bagi Guru
1. Dengan pelaksanaan PTK akan terjadi peningkatan kompetensi guru dalam mengatasi masalah pembelajaran yang menjadi tugas utamanya
2. Dengan pelaksanaan PTK akan terjadi peningkatan sikap profesionalisme guru
3. Dengan pelaksanaan PTK guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri
4. Dengan pelaksanaan PTK guru akan menjadi lebih percaya diri.
Manfaat Bagi Sekolah
Sekolah yang para gurunya mempunyai kemampuan untuk melakukan perubahan atau perbaikan kinerjanya secara profesional, maka sekolah tersebut akan berkembang pesat.
Ada hubungan yang erat antara berkembangnya suatu sekolah dengan berkembangnya kemampuan guru. Sekolah tidak akan berkembang, jika gurunya tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri.
TAHAPAN PTK
Identifikasi Masalah
Dalam melakukan identifikasi masalah, guru perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada diri sendiri, misalnya:
1. Apa yang sedang terjadi di kelas tempat saya mengajar?
2. Apakah kejadian itu menjadi masalah yang perlu dipecahkan?
3. Apa pengaruh masalah tersebut terhadap kelas saya dan kinerja saya?
4. Apa yang akan terjadi jika masalah itu saya biarkan saja?
5. Apa yang dapat saya lakukan teradap masalah tersebut dan bagaimana saya melakukannya?
Contoh hasil identifikasi masalah
Identifikasi masalah dilakukan dengan mencari masalah-masalah yang muncul dikelasnya. Jika sudah ditemukan, sebaiknya di tulis semua, misalnya:
1. Rata-rata hasil tes siswa pada tahun sebelumnya selalu rendah < 5,0
2. Siswa kurang dapat mengaitkan isi pelajaran dengan keadaan lam sekitarnya
3. Perhatian siswa cenderung tidak fokus
4. Tingkat kehadiran siswa rendah
5. Siswa kurang aktif dan cenderung pasif, setiap diberi pertanyaan tidak satupun siswa berani menjawabnya.
Analisis Masalah
Setelah masalah berhasil diidentifikasi, selanjutnya dilakukan analisis dengan instropeksi melalui pertanyaan-pertanyaan, misalnya:
1. Mengapa hasil belajar dan peran serta siswa dalam pembelajaran selalu rendah?
2. Apakah cara mengajar saya kurang menarik?
3. Apakah contoh-contoh yang selalu saya berikan kurang konkrit dan sulit diterima siswa?
4. Apakah saya dalam mengajar menggunakan istilah-istilah yang sulit dipahami siswa?
Dari masalah tersebut, lalu pikirkan apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, lalu seleksi masalah mana yang mungkin dilakukan dan dipecahkan melalui PTK!
Perumusan Masalah
Masalah yang berhasil diidentifikasi mungkin lebih dari satu dan masih cukup luas. Oleh karena itu, perlu difokuskan pada masalah yang mungkin dapat dipecahkan dengan PTK. Selanjutnya masalah tersebut dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya. Misalnya:
1. Apakah pembelajaran kontekstual dapat mempengaruhi sikap siswa kelas V MI terhadap pelajaran matematika?
2. Bagaimana pengembangan pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS?
3. Apakah penerapan metode eksperimen berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV MI “X” pada mata pelajaran IPA
Perumusan Hipotesis Tindakan
Setelah masalah dirumuskan, guru perlu menyusun rencana tindakan dengan terlebih dahulu merumuskan hipotesis tindakan.
Hipotesis tindakan adalah dugaan guru tentang cara yang dianggap terbaik dalam engatasi masalah. Hipotesis disusun berdasarkan
1. Kajian berbagai teori
2. Hasil penelitian yang pernah dilakukan dan relevan
3. Diskusi dengan teman sejawat
4. serta refleksi pengalaman sendiri sebagai guru
Contoh Rumusan Hipotesis Tindakan
1. Pembelajaran kontekstual dapat mempengaruhi sikap siswa kelas V MI terhadap pelajaran matematika dari sikap yang kurang baik menjadi lebih baik?
2. Pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS akan lebih menarik jika disajikan melalui diskusi dan masalah yang dibahas adalah masalah yang masih hangat dan terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa?
3. Penerapan metode eksperimen berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IV MI “X” pada mata pelajaran IPA

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s